Pentingnya pendidikan

img-single-page

ARTIKEL PENDIDIKAN

 

Pendidikan adalah suatu proses belajar yang tidak hanya terbatas dari sekolah atau dari buku saja, tetapi juga bisa dengan mencari referensi dari internet.. Secara umum proses pendidikan dapat dilakukan dimana saja dengan bahan dari buku, ataupun dari guru dll.

Pendidikan itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal adalah pendidikan pendidikan yang dimulai sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang dilaksanakan dalam waktu secara terus menerus. Sedangkan pendidikan nonformal adalah setiap kegiatan yang dilakukan diluar sekolah yang biasanya dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan  yang lebih luas yang sengaja dilakukan untuk melayani seseorang dalam mancapai tujuan belajarnya.

Pendidikan juga bisa menciptakan kesadaran,memberitahu kita tentang hak-hak layanan yang bisa kita akses. Hal itu juga mengajarkan kita untuk dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Mungkin kita pernah goyah dalam kondisi benar atau salah, akan tetapi karena kita memiliki pendidikan maka pendidikan akan memberikan kita jawaban yang tepat.

PENDIDIKAN ITU SANGATLAH PENTING,MENGAPA?BERIKUT INI POIN-POIN  PENJELASANNYA :

Pembentukan Karakter

 

Secara tidak langsung interaksi anak di lingkungan pendidikan akan membentuk kepribadian anak, karena lebih dari 6 jam anak-anak sering menghabiskan waktunya di sekolah daripada di rumah dengan mengikuti kegiatan diluar jam pelajaran sekolah misalnya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, belajar bersama teman di sekolah bahkan berinteraksi dengan  guru.Warga yang ada disekolah sangatlah membantu anak-anak dalam membentuk karakter pribadinya masing-masing.Maka dari itu pemebentukan karakter anak sangatlah penting.

Jenjang Karir

 

 

Sekarang ini banyak orang yang kesulitan dalam mencari pekerjaan, orang-orang seolah bersaing dengan orang lain yang memiliki pendidikan yang cukup bagus, dari yang kita lihat pendidikan sangatlah berkaitan erat dengan karir kita, apalagi sekarang mencari pekerjaan dituntut minimal lulusan SMA/SMK sederajat,bahkan itupun terkadang tidak menjamin. Dan yang kita tau bahwa banyak orang yang tidak lulus SMA/SMK sederajat dan mereka sulit untuk mencari pekerjaan karena masalah pendidikan,maka dari itu pendidikan itu penting.

Kemajuan Negara

 

Tujuan pemerintah mengadakan program pendidikan adalah untuk mencetak generasi-generasi yang cerdas dalam memajukan bangsa dengan mereka yang memiliki pendidikan yang berkualitas, akan menciptakan generasi-generasi muda yang siap membangun bangsa dan negara Indonesia dari aspek kehidupan. Upaya pemerintah dalam hal ini adalah dengan memberikan bantuan  bagi anak-anak yang kurang mampu,dan memberikan beasiswa bagi anak yang cerdas supaya mereka lebih giat lagi dalam belajar.

Jadi,orang yang berpendidikan adalah orang yang percaya diri. Pendidikan menumbuhkan pandangan yang positif yang bisa membuat kita unutuk percaya pada diri kita sendiri. Keyakinan diri adalah difat yang paling dicari oleh manusia dan pendidikan membawa kita untuk mengandalkan pada diri kita sendiri membuat kita percaya diri dan siap menghadapi dunia.

Dan yang paling penting pendidikan dapat menjamin masa depan kita, orang yang berpendidikan akan mendapatkan jaminan yang baik untuk masa depannya, Dengan kita memperoleh pendidikan kita bisa menjadi seseorang yang bertanggung jawab.