Pendidikan bagi masa depan

img-single-page

ARTIKEL

Pendidikan adalah suatu usaha dalam mewujudkan suasana belajar pada peserta didik secara aktif untuk mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh semua orang.

Pendidikan tidak berbatas di sekolah saja (formal),tapi ada juga di luar sekolah (informal) seperti bimbel/bimbingan belajar. Kebanyakan orang mengatakan bahwa proses pendidikan itu dimulai dari kita duduk dibangku sekolah, padahal sebenarnya proses pendidikan telah dimulai pertama kali di rumah. Dengan pendidikan,seseorang tidak hanya memperoleh pengetahuan dari guru tetapi juga dari orang tua.

Berbicara tentang pendidikan,pendidikan sangatlah penting dan memiliki efek posistif bagi semua orang. Tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk mengembangkan ilmu manusia agar menjadi manusia yang lebih berkembang.

Pendidikan juga memiliki peran dasar di kehidupan bemasyarakat,dengan kita memiliki pendidikan kita akan menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab lagi. Hal ini mendorong kita untuk menjadi warga negara yang lebih baik.

Mungkin sekarang sedikit demi sedikit kita mengetahui pentingnya sebuah pendidikan bukan hanya untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari melainkan kita dapat paham dan mengetahui cara untuk menghargai dan bergaul dengan orang-orang yang ada disekitar kita.

Seperti yang kita ketahui fungsi pendidikan sangatlah jelas, dengan mendapatkan pendidikan yang cukup kita juga akan meraih masa depan yang baik. Seperti halnya dalam mencari pekerjaan. Orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang baik maka kita tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih menjamin. Jadi,pendidikan adalah kunci sukses kita dalam menjamin masa depan.

Di lain sisi pendidikan dapat mengasah diri kemampuan dan keterampilan kita dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan cara cepat dan tepat.

Pada dasarnya mendapat ilmu tidak hanya diperoleh dari pendidikan yang tinggi tetapi ilmu bisa didapat dari pengalaman pribadi,orang lain,maupun pengalaman baru diluar jalur pendidikan.