Cara Mudah dan Cepat Menghafal Pelajaran Sekolah, Tertarik Coba?

img-single-page

Menghafal adalah proses menempatkan informasi ke dalam ingatan (memori). Ada proses mengubah informasi menjadi kode dalam proses penyimpanan, ini disebut coding. Bila diperlukan, informasi itu bisa ditarik kembali, diubah kodenya sehingga menjadi format asal.

Image result for school book

Siapa yang paling takut dengan pelajaran yang ada hafalannya? Bagi sebagian anak, menghafal memang susah. Eh, tetapi, kalau kita tahu trik-triknya, kita bisa membuat hafalan yang susah itu jadi mudah.

Inilah 10 cara mudah menghafal pelajaran sekolah. Yuk, coba!

1. Konsentrasi

Ketika sedang menghafal, kamu harus berkonsentrasi. Jauhkan handphone, tablet, dan segala macam gadget yang bisa membuyarkan konsentrasimu.

Selain itu, hindari belajar sambil nonton televisi, ya. Carilah tempat yang tenang dan nyaman, misalnya di kamar atau ruang belajar.

2. Pahami dan Mengerti

Menghafal pelajaran akan lebih mudah kalau kamu benar-benar mengerti materi yang kamu hafalkan.

Misalnya ketika menghafal nama-nama negara anggota ASEAN, kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan ASEAN.

Supaya lebih lengkap, kamu juga perlu tahu letak negara-negara itu.

3. Sesuaikan Gaya Belajar

Setiap anak punya kemampuan berbeda untuk menangkap materi yang dipelajarinya. Ada yang lebih mudah menangkap pelajaran dengan mendengarkan (auditori), melihat (visual), atau menggerakkan tubuh (kinestetik).

Image result for gaya belajar

Kenalilah dirimu termasuk tipe yang mana. Misalnya, kamu termasuk tipe kinestetik, maka kamu bisa menghafal sambil menggerak-gerakkan tangan.

4. Yuk, Meringkas!

Aduuuh, materi segitu banyak, gimana cara menghafalkannya? Eits, jangan menyerah! Langkah pertama, buatlah ringkasan.

Kamu bisa membuatnya dalam bentuk mind map atau peta ingatan. Pilih satu kata paling penting, lalu pikirkan kata-kata yang berhubungan dengannya.

Hubungkan kata-kata itu dengan garis. Kamu juga bisa membuat kartu-kartu kecil berisi ringkasan pelajaran. Tentu lebih mudah untuk menghafal isi mind map dan kartu-kartu kecilmu, bukan?

5. Bikin Singkatan

Mana yang lebih mudah untuk dihafal: mevebu-maju-saunep atau Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Jupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus?

Yang lebih singkat tentu lebih mudah untuk dihafal. Maka, buatlah singkatan-singkatan yang mudah untuk kamu hafal. Misalnya dengan mengambil huruf depan atau suku kata terdepannya.

6. Lihat dan Bayangkan

Kalau memungkinkan, carilah benda yang bisa membantumu menghafal. Misalnya untuk menghafalkan ciri-ciri khusus pada kucing, lihatlah kucingmu.

Benarkah dia punya cakar yang tajam? Benarkah dia selalu jatuh di atas keempat kakinya? Kalau tidak punya kucing, gunakan gambar kucing untuk memudahkanmu mengingat ciri-cirinya.

7. Lagu dan Cerita

Masih ingatkah teman-teman dengan lagu “Nama-Nama Hari”? Waktu kecil, kita belajar lagu itu untuk menghafalkan nama-nama hari.

Nah, ciptakanlah lagu-lagu sendiri untuk memudahkanmu menghafal materi pelajaran. Kamu bisa juga mengarang cerita.

Misalnya untuk menghafalkan nama-nama negara ASEAN, buatlah cerita perjalananmu dari Malaysia, menuju ke Thailand. Kemudian, kamu mampir belanja baju di Singapura.

Begitu seterusnya, sampai semua negara ASEAN ada dalam ceritamu.

8. Ulang Berkali-kali

Semakin sering diasah, pisau akan semakin tajam. Begitu juga ketika menghafal. Semakin sering kamu ulang hafalanmu, tentu semakin mudah kamu mengingatnya.

Image result for gaya belajar

Kamu bisa, lo, menghafal sambil melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya menyanyikan lagu nama-nama planet sambil menyapu halaman. Kamu lebih cepat hafal, rumah pun jadi bersih, kan?

9. Hindari Kebut Semalaman

Besok ulangan, baru sekarang menghafal? Wah, itu, sih, namanya SKS alias Sistem Kebut Semalam. Kalau dikebut dengan cara seperti itu, menghafal memang susah.

Kalau materinya banyak, sebaiknya kamu menghafal sedikit-sedikit, tetapi sering. Kalau cuma ngebut semalam, cepat hafalnya, cepat pula lupanya!

10. Lakukan dengan Senang

Menghafal itu susah. Stop! Kalau berpikir yang susah-susah, jadinya susah beneran. Berpikirlah positif.

Image result for siswa menghafal

Kalau kamu berusaha, pasti kamu bisa. Menghafallah dengan senang hati. Kalau kamu melakukannya dengan terpaksa, akan sulit untuk hafal dan mengerti.

Bayangkan, kalau hafal rumus matematika, kamu akan lebih mudah menghitung keuntunganmu jika punya toko. Wah, seru, kan?

Ternyata ada berbagai cara untuk memudahkanmu menghafal materi pelajaran. Pilih yang paling nyaman untuk kamu lakukan. Hafalan? Ah, bisaaa!