Apa sih Globalisasi itu?

img-single-page

Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui banyak bentuk interaksi. Seperti interaksi melalui perdagangan, investasi, perjalanan, dan masih banyak lagi. Interaksi pada masa sekarang cepat terjadi dikarenakan sangat berkembangnya teknologi informasi di dunia. 

Di era millennial ini teknologi sangat berkembang pesat informasi dapat tersebar secara mendunia dengan hanya menggunakan sosial media yang sangat mudah diperoleh dan digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan muda maupun juga kalangan yang sudah terbilang memiliki usia. Melalui hal tersebut maka bagaimana kita menyikapi globalisasi tersebut ?. tidak semua hal yang dibawa oleh globalisasi itu merupakan hal yang baik, berbagai macam hal-hal yang tidak baik juga ada. Lalu bagaimana cara kita menyikapi berbagai hal yang ada di era globalisasi ?.

Pertama kita harus menyaring budaya asing yang masuk ke negara kita dan budaya yang masuk itu harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa kita. Tentu kita sebagai rakyat Indonesia sudah tau kepribadian bangsa kita sendiri. Berikutnya mencintai atau membeli produk dalam negeri sendiri. Tidak harus selalu membeli produk Negara sendiri tetapi usahakanlah menkomsumsi barang-barang yang di produksi dalam negri. 

Image result for globalisation poster

Di luar kita mendapat manfaat dari barang yang kita beli kita juga membantu produsen dalam negeri untuk berkembang. Berusaha mengikuti perkembangan IPTEK, karena IPTEK pada zaman kini sangat penting karena IPTEK dipakai untuk memperoleh informasi terbaru tentang perkembangan berbagai hal. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa. Dengan adanya langkah- langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai-nilai bangsa kita.

Hal-hal diatas dapat diharapkan bisa menyaring berbagai unsur budaya luar yang masuk ke Indonesia terutama unsur budaya luar yang positif tentunya dan unsur budaya tersebut tidak mengubah nilai-nilai yang dimiliki bangsa kita. Globalisasi ada juga kebaikannya yaitu Berkembangnya dunia pariwisata.

Kemudahan memenuhi kebutuhan, dengan adanya sosial media dapat digunakan sebagai media untuk berbisnis dengan berbisnis secara online usaha kita lebih cepat dikenali oleh orang lain yang sedang membutuhkan barang yang kita jual dengan begitu secara langsung kita memenuhi kebutuhan orang lain. Lalu tersedianya sarana komunikasi dan transportasi, berkembangnya IPTEK mempermudah seseorang untuk berhubungan dengan orang lain. 

Dengan itu berkembanglah saran transportasi yang berbasis online yang sangat mudah digunakan dan dihubungi saat ingin berpergian. Contohnya seperti Go-Jek, dan Uber. kegiatan ekonomi antarbangsa berlangsung dengan cepat dan lancar, sama seperti poin kedua tentang sarana komunikasi. Dengan sarana komunikasi yang baik, sebuah Negara tentunya dapat berkomunikasi dengan Negara lain, hal itu yang pasti membuat hubungan sebuah Negara dengan yang lain semakin erat dan tentunya kegiatan ekonomi akan semakin lancar dan mudah.  dan tentunya berkembangnya dunia  pariwisata nasional ke masyarakat dunia dengan adanya media sosial. negara juga memakai media sosial untuk mempromosikan wisata nasional.

Globalisasi membawa unsur budaya luar masuk kedalam kehidupan masyarakat kita. Unsur barat memiliki dampak yang baik dan dampak yang buruk, ini merupakan keputusan kita, kita harus dapat menyaring kebudayaan barat itu dengan baik. Bedakanlah budaya barat yang sesuai dengan unsur dan kebudayaan kita dengan unsur budaya luar yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita, buang lah yang tidak sesuai. 

Masyarakat yang terbuka sangat dibutuhkan, terutama masyarakat yang terbuka dan bisa memilah unsur-unsur yang dibawa oleh globalisasi. Berpeganglah pada prinsip-prinsip Negara kita dan jangan mengkuti budaya luar yang merugikan, dengan begitu pasti budaya nasional kita akan bertahan dan juga kita juga menjadi masyarakat yang modern.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi atau penyatuan berbagai informasi, perdagangan, budaya, dan lain-lain. Dalam era globalisasi saat ini, banyak sekali pengaruh-pengaruh yang datang dari dunia luar ke Indonesia, khususnya dari negara-negara barat. Globalisasi memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, budaya, perdagangan dan lain-lain. Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari pengaruh globalisasi, namun banyak juga hal negatif yang tidak patut kita tiru.

Hal-hal positif dari globalisasi sangat banyak. Dengan globalisasi, industri pariwisata dan turisme akan semakin berkembang, banyak turis yang datang dari luar negeri menuju Indonesia sehingga hal ini akan meningkatkan pendapatan nasional Indonesia. Teknologi-teknologi yang semakin maju membuat kehidupan masyarakat semakin mudah dan cepat. Hal ini juga berdampak pada perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan mesin-mesin canggih agar menjadi lebih produktif dan efisien sehingga tingkat kehidupan masyarakat juga menjadi semakin baik. Globalisasi juga membuat pasar produk dalam negeri meluas ke segala penjuru dunia. Dengan globalisasi, masyarakat menjadi semakin maju dan semakin pintar karena arus informasi dan pengetahuan yang mengalir deras menuju kehidupan dan pendidikan bangsa Indonesia. Globalisasi menyebabkan kemajuan di bidang teknologi, informasi, komunikasi, dan trasnportasi yang memudahkan kehidupan manusia.

Namun, terlepas dari hal positif, globalisasi juga mempunyai banyak dampak negatif:

1. Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.

 

 

2. Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.

3. Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.

4. Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bekerja sama dengan perusahaan dari luar, yang mengakibatkan kondisi industri dalam negeri sulit berkembang.

5. Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.

6. Menghambat pertumbuhan sektor industri.

7. Terjadinya sikap mementingkan diri sendiri (individualisme)

 

 

8. Adanya sikap sekularisme yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama.

9. Timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya.

10. Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara